Thursday, February 14, 2013

log jalan2 aku ke bangkok nih

Saya merasa berutang karena sebelum jalan jalan ke Bangkok kemaren saya melahap semua tips tentang Bangkok yang ada di Kompasiana. Jadi sebagai balasannya minimal saya tulis juga hasil perjalanan saya disini. Semoga bisa jadi masukan bagi kompasianer lainnya yang juga mau ke Bangkok.
Peserta Trip : saya + istri (anak kami tinggal bareng eyang krn harus sekolah)
Waktu : 5-7 Feb 2012 (3 hari 2 malam)
Hari I
Dengan tiket murah Air Asia yg saya beli setahun sebelumnya, kami berangkat dr Sukarno Hatta Terminal 3 yang bagus & lebih manusiawi dibanding terminal lainnya. Flight jam setengah 5 sore & mendarat di Suvarnabhumi jam 8 malam lebih (3 ½ jam adalah waktu yang lama & membosankan… menyesal tidak bawa Ipad). Kesan tentang airport Bangkok? WOWW….ini baru airport internasional!!! Buaguss buanget….diukur dari level apapun!! Dari airport, saya mencoba airport link yang baru menuju kota Bangkok. Untuk mencarinya harus ke bagian basement airport. Kereta super cepat ini menghubungkan Suvarnabhumi ke stasiun Makassan dengan biaya 90 baht/orang. Tiba di Makassan sekitar jam setengah sepuluh, kami baru sambung dengan taxi ke hotel. Sebelumnya cari taxi harus jalan lumayan jauh ke arah jalan raya karena stasiun sudah sepi tidak ada taxi yang nongkrong. Untung langsung dapet taxi argo, ke hotel di area Sukhumvit biaya 60 baht.
Melalui internet, kami pilih Hotel Legacy Express & kesimpulannya : highly recommended! Untuk harga & lokasinya sangat pas. Total biaya 2 malam 3000 baht. Tips : saya booking hotel ini langsung via website hotelnya karena ternyata lebih murah dibanding via Agoda dll. Setelah meletakkan koper di kamar, kami langsung jalan & cari makan di sepanjang Sukhumvit. Mie pangsit & sup tomyam pinggir jalan langsung membuktikan bahwa makanan Thailand memang the best!!!

Hari II
Dari promonya di internet, hotel kami memberikan tur gratis setengah hari. Pilihannya antara ke istana, candi2, atau kanal. Kami pilih ke istana dulu….lumayan…. gratis. Kami dibawa naik bis kecil full-AC yang sangat nyaman bersama 5 turis bule lainnya. Ditemani guide, kami sampai ke lokasi dalam waktu setengah jam. Walaupun di hari biasa dan bukan peak season liburan, area Grand Palace sangat ramai dipadati turis lokal & interlokal. Tiket masuk istana 400 baht tidak termasuk dalam paket tur gratis….jadi harus bayar sendiri. Masuk langsung foto-foto sambil terpukau mengagumi desain bangunan Thai yang penuh dengan detil-detil cantik. Keasikan foto ternyata tidak sadar waktu berkumpul kembali dengan guide sudah terlewat. Tadinya sempat berkeinginan untuk lepas dari grup dan lanjut sendiri ke 2 candi utama Wat Pho & Wat Arun, tapi karena hari sangat panas terik…. saya & istri memilih untuk ngadem dulu ikutan bis tur lagi dan akhirnya memilih mampir ke Maddame Tussaud di Siam Discovery karena ternyata dapat harga diskon dari guide. Tiket masuk ke museum lilin tersebut yang tadinya 800 baht jadi 600 baht/orang…. untung juga tidak jadi beli dulu di internet (Tips : kalau ingin ke museum lilin ini mending beli tiket via agency di Bangkok daripada lewat internet cuma dapat diskon 10%).

No comments:

Post a Comment